Jumat, Februari 13, 2009

SYMBIAN DOMINASI PASAR SMARTPHONE RI


Symbian menjadi sistem operasi terbanyak yang dipakai pada ponsel pintar di Indonesia pada 2008.

Menurut Ashadi Cahyadi, Senior Analyst Telecommunication Research IDC (International Data Corporation) Indonesia, mengungkapkan untuk keseluruhan 2008 symbian merupakan sistem operasi yang paling banyak dipakai oleh pengguna ponsel pintar di Indonesia.

"Kuatnya penjualan Nokia menjadi alasan utama mengapa Symbian mendominasi pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar di Indonesia," Faktor pendorong lainnya adalah rencana vendor ponsel besar sperti Samsung, Sony Ericsson, dan Motorolla juga akan mengikuti jejak Nokia dalam melakukan kontrak dengan Symbian untuk melekatkan sistem operasi tersebut ke produk mereka.

Kemudahan penggunaan dalam mendapatkan aplikasi Symbian pada situs-situs Internet merupakan faktor pendorong yang tak kalah pentingnya. Ada beberapa sistem operasi lain yang menguntit sistem Symbian, antara lain posisi kedua adalah Windows Mobile, posisi ke tiga diduduki BlackBerry yang meski sebagai vendor pendatang baru namun berhasil mendapat sambutan luar biasa oleh pecinta ponsel pintar di Indonesia.

Sedang untuk memperbesar pasar dan mendekatkan jarak dengan Symbian, vendor-vendor lain berupaya untuk meningkatkan fitur aplikasi data seperti email. Karena konsumen mengharapkan fungsi lain dari ponsel pintar di luar menelepon seperti akses ke jejaring sosial dan chatting.

Ponsel Apple
Sedang sistem proprietary menempati peringkat keempat. Yang dimaksud dengan sistem operasi proprietary adalah aplikasi yang secara khusus hanya dikembangkan untuk merek atau seri ponsel tertentu. Di luar sistem operasi yang sudah dikenal luas saat ini, Linux juga sudah merambah pasar. Populasi ponsel berbasis Linux tidak banyak, karena vendor ponsel tidak membuatnya secara berkesinambungan.

Mengenai potensi ponsel berbasis Apple, periset IDC Indonesia itu mengakui Apple secara global sudah mampu berada pada lima besar sebagai sistem operasi yang paling banyak dipakai. Tampaknya Apple sedang meraba-raba pola apa yang akan diterapkan di Indonesia untuk menjual produknya di Indonesia.

Seperti di ketahui, Telkomsel mulai menginformasikan rencananya untuk menjual ponsel iPhone 3G buatan Apple, kepada para pelanggan. (sumber Bisnis Indonesia)



Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda