Selasa, Januari 20, 2009

TIPS MERAWAT PRINTER


Printer bukanlah barang yang langka bagi sebagian orang untuk saat ini, karena alat ini digunakan untuk mencetak dokumen ataupun picture atau gambar. Tapi tahukah anda bagaimana merawat printer agar head tidak kering? karena Jika head kering maka akan mengakibatkan penyumbatan tinta, sehingga hasil yang kita cetak akan terlihat baret atau tidak rata. Berikut adalah tips-tips yang bisa anda lakukan untuk merawat printer anda:

1. Printer usahakan mencatak minimal sekali dalam seminggu dilakukan untuk mencetak semua warna.
Ini untuk menghindari terjadinya penyumbatan dan pengeringan pada head printer.
2. Hentikan mencetak jika ada salah satu tinta habis.
Di head printer terdapat 40 s/d 100 lubang tinta dan panas yang dihasilkan setiap lubang adalah 400 derajat Celcius untuk menyemprotkan tinta keluar ke setiap halaman kertas, sehingga jika salah satu tintanya habis maka panas yang dihasilkan akan mengeringkan tinta di head yang menyebabkan head printer rusak.
3. Pakailah kertas berkualitas
Biasanya dipasaran banyak beredar dan dijual kertas murah yang mengandung debu, sehingga dapat menyumbat setiap head printer. Kami sarankan memakai kertas yang permukaannya licin dan khusus untuk mencetak.
4. Tata cara menjaga cartridge dari kerusakan
segera isi yang kosong, apabila tidak mungkin segera taruh cartridge kosong didalam bungkus plastik atau simpan di kulkas, suhu yang dingin dapat mencegah tinta mengering yang menyebabkan head printer tersumbat dan mencegah busa di cartridge tidak kering. Ini jga berlaku untuk semua cartridge yang akan diisi ulang.
5. Transportasi cartridge isi ulang
Pastikan menyimpan cartridge pada tempat yang sejuk dan terlindung dengan kantong plastik, Jika panas berlebihan di mobil bisa menyebabkan isi cartridge bocor dan muncrat karena tinta akan menjadi kental yang mendorong isi tinta keluar.

Demikian tips yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat...

Label: ,

1 Komentar:

Pada 1 Februari 2009 pukul 07.12 , Blogger TOPPULSA ALL OPERATOR mengatakan...

Salam kenal mas,saya punya printer canon pixma iP1300,
tapi kok saat dinyalain printernya tidak connec
pada saat untuk prin dokumen muncul tulisan
” check that the pinter cable is connected and printer power is on”
padahal kabel USB pinter sudah saya hubungkan ke komputer, kabel powe sudah saya colokin ke listrik. tapi kok tetap muncul pesan tersebut…

bagaimana cara mengatasi printer tersebut….

thank you ya bozzz..!

kalo bisa tolong kirim ke e-mail saya ya…

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda